Monday 18 July 2011

HTC melanggar 2 patent Apple, ancaman bagi semua android

Tak bisa dipungkiri persaingan dalam dunia smartphone semakin memanas, persaingan tidak lagi berada pada pasar, kini pihak apple lebih berkonsentrasi untuk bertarung di pengadilan, setelah sebelumnya apple melakukan tuntutan pelanggaran hak cipta untuk design produk - produk samsung, kini apple berkonsentrasi menuntut HTC dengan 2 pelanggaran penggunaan hak cipta, yang tuntutannya bisa mengakibatkan hukuman untuk menghentikan penjualan semua produk HTC di Amerika. Tidak hanya terjadi pada HTC saja karena 2 tuntutan tersebut juga sedang dilakukan untuk produk Motorola, bila gugatan untuk HTC di menangkan apple maka gugatan mereka untuk Motorola pasti dimenangkan apple juga.

Gugatan yang dilakukan apple sebenarnya cukup dengan 1 gugatan saja namun nampaknya apple begitu bersemangat untuk memenangkannya sehingga mereka mengeluarkan 2 gugatan sekaligus, ironisnya apple juga sedang terjerat gugatan dari S3Graphics yang sedang menjalani masa proses akuisisi oleh HTC, jadi artinya HTC masih memiliki "kartu" untuk dimainkan sehingga bisa mencapai negosiasi damai yang tidak terlalu merugikan apalagi sampai mencapai hukuman dilarang memasukan produknya ke Amerika.

Tuntutan yang dilakukan oleh apple juga menyimpan maksud tersendiri, karena yang di gugat adalah pertama,  "real-time signal processing system for serially transmitted data" dan yang kedua adalah sistem pengenalan yang bisa memperbolehkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi seperti contact dan nomor telephone, yang keduanya sebenarnya adalah fitur standart bawaan dasar dari android sendiri, tentunya hal ini akan membawa masalah pada semua pembuat smartphone android lainnya, yang artinya sasaran tembak dari gugatan apple bukan hanya mengarah pada HTC namun mengincar semua perusahaan pembuat smartphone android secara keseluruhan. Bayangkan kalo semua smartphone android di larang beredar di Amerika, tentu pasar smartphone akan dikuasai seluruhnya oleh apple, RIM dengan blackberry-nya tentu bukan lawan yang seimbang setelah terjun bebas penjualannya di beberapa kuartal sebelumnya.

Anda boleh mengatakan langkah apple mungkin terlihat jahat atau licik? namun realitasnya hukum kadang digunakan sebagai jalan singkat menuju kemenangan. Setidaknya lebih sederhana ketimbang mengembangkan platform yang lebih canggih, lebih bagus atau lebih fungsional dibanding saingannya, dan untuk pilihan itu langkah apple bisa disebut cerdas walau pun dalam logika kebenaran kita mungkin akan tidak menyukainya. Hal ini juga merupakan pekerjaan rumah bagi pembuat peraturan dan penyelenggara hukum untuk melihat kelemahan - kelemahan dalam peraturan yang mereka buat agar tidak mudah digunakan sebagai alat bersaing secara tidak sportif, karena perkembangan teknologi dan kecepatan manusia mencapai efisiensi semua sangat bergantung pada persaingan. Bila kita melihat beberapa tahun yang lalu ketika Nokia nyaris sendirian menguasai pasar, bisa kita rasakan betapa lamanya pencapaian teknologi baru dari layar mono ke color, dari memori internal yang kecil sampai disematkannya SD card slot, dari camera 0,3mp hingga 1,3mp sendiri membutuhkan waktu tahunan, hari ini nyaris setiap 3 bulan kita bisa merasakan perubahan teknologi bergeser sangat cepat, dan sejujurnya kita harus berterima kasih pada "persaingan" karena ada persaingan maka banyak inovasi teknologi yang lahir.



1 comments:

agen obat said...

semua bentuk usaha pasti ada persaingan, tapi yang harus kita perhatikan persaingan yang mana kita pakai, jangan pakai cara curang

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons