Friday 25 March 2011

galaxy mini S5570 review

PERKENALAN

Apa yang ada di benak anda bila mendengar kata Mini? biasanya berhubungan dengan benda – benda yang kecil, dan dalam konteks smartphone, mini bisa berarti spesifikasi hardware yang lebih inferior dari pendahulunya yang besar tapi Samsung Galaxy Mini S5570 bukan berarti tidak punya daya tarik tersendiri bila dibandingkan dengan pendahulunya dalam jajaran galaxy series. selain posisi vitalnya sebagai pejuang di level low-end bagi jajaran smartphone ber-OS android dari samsung, galaxy mini juga diplot sebagai pengganti samsung galaxy 5 I5500 dalam membawa ambisi samsung menjadi vendor penguasa penjualan handphone dunia.




FEATURE UTAMA

-        -  Support Quadband GSM dan dual-band 3G channel
-       -   Bisa berfungsi sebagai modem HSDPA dengan speed 7.2Mbps
-       -   Layar TFT capacitive touchscreen dengan ukuran diagonal 3.14inch dan support warna 256k QVGA resolution
-        -  Berbekal processor ARMv6 600MHz processor dan 384MB RAM
-        -  OS android versi 2.2 froyo dengan UI touchwiz versi 3.0
-        -  Memory internal 160mb dan hot swap SDcard, dalam paket penjualan di sertakan SDcard 2gb
-        -  3.15mp fixed focus camera, geotagging namun tanpa LED flash
-        - Modul GPS dengan A-GPS
-        -  Radio FM dengan RDS
-        -  3.5mm audio jack
-        -  Disertakan juga document editor
-        -  Sensornya juga dilengkapi Accelerometer and proximity sensor
-         - Swipe text input
-         - Micro USB untuk charging dan data
-         - Stereo Bluetooth 2.1
-         - SNI ( social network integration) alias terintegrasi dengan situs jejaringan social misalnya FB
-         - Built qualitynya ckup baik dan model yang menarik untuk anak muda :D

Si mini memang tidak di peruntukan untuk pengguna smartphone yang lebih berpengalaman, tapi peruntukannya adalah untuk mengerjakan tugas sederhana yang di butuhkan dalam scenario kehidupan sehari – hari dengan baik.
Bagi mereka yang dihalangi budget yang ketat, si mini bisa menjadi salah satu pilihan diantara berbagai  android sekmen low-end yang sudah beredar sebelumnya.


DESAIN

Secara sekilas galaxy mini masih menampakan bentuk yang diambil dari seri corby dengan ukuran 110.4 x 60.8 x 12.1 mm si mini ini memiliki berat 105grams. Tergolong cukup kecil dan sangat nyaman untuk digenggam di tangan, terasa solid dan kokoh. Bahan bodynya terbuat dari plastic namun kualitasnya cukup baik dan bahannya tidak mudah kotor oleh jejak – jejak sidik jari. Patern berpola dot di tutup belakangnya berfungsi juga untuk mencegah HP terjatuh karena licin oleh tangan yang basah atau berkeringat.
Layar capacitivenya sangat responsive dan memudahkan untuk bernavigasi di menunya, selain itu si galaxy mini sudah dilengkapi dengan fitur multitouch untuk memudahkan navigasi di browser dan image.
layar 3.14inch nya terkesan kecil dan resolusi layarnya yang hanya 240 x 320 pixels membuat warna yang ditampilkan tidak luarbiasa namun memiliki level contras yang cukup baik, harus diingat ini adalah smartphone dengan budget rendah.
Dibagian atas layar tidak terdapat ambient light sensor yang berfungsi untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis, galaxy mini hanya dibekali proximity sensor yang berfungsi untuk mematikan layar secara otomatis ketika didekatkan ke wajah saat mengangkat telephone. Galaxy mini S5570 ini juga minus camera video call untuk melakukan video calling atau video chat. Tentu saja dengan harga rendah beberapa fitur harus di kurangi demi menekan harga.
Tombol menu pada bagian bawah layar sangat nyaman untuk digunakan, karena bentuknya yang lebar meminimalisir juga kesalahan tekan tanpa sengaja. Saying sekali tombolnya masih berupa tombol fisik belum tombol capacitive.
Dibagian atas galaxy mini S5570 ini terdapat lubang untuk koneksi 3.5mm audio jack dan micro USB yang terlindungi oleh tutup plastic kecil sehingga aman dr kotoran dan air.
Dibagian bawah hanya terdapat lubang mic.
Dibagian kiri terdapat tombol volume, bentuknya cukup tipis namun masih nyaman untuk digunakan.
Pada bagian kanan terdapat tombol power dan slot SDcard yang tertutup oleh tutup plastic. Slot SDcard ini hot swappable, yang artinya bisa dikeluar masukan SDcardnya tanpa harus mematikan HP terlebih dahulu. Kapasitas maksimal yang dapat di dukung oleh si mini adalah 32gb cukup besar untuk koleksi aplikasi, gambar dan file music.
Pada bagian belakang terdapat lensa camera yang cukup terlindung karena posisinya yang agak masuk kedalam, sayangnya galaxy mini S5570 ini tidak dilengkapi dengan LED flash, sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan pengambilan gambar di tempat yang terlalu gelap atau tanpa cahaya.
Loudspeakernya terletak di bagian bawah tepat diatas bentuk lengkung bagian belakang si mini, sehingga membuat jarak antara benda dengan lubang loudspeaker yang tujuannya mencegah suara yang dikeluarkan akan tertutup.
Dibalik tutup belakang terdapat baterre li-ion 1200mah dan slot sim card, battere nya kurang mampu mengimbangi kebutuhan android yang cukup boros konsumsi energinya.  Namun apabila di gunakan utk kebutuhan ponsel pada umumnya battere nya masih sanggup bertahan hingga 2 hari. Untuk pemakaian berat sendiri seperti surfing web beberapa jam dengan wifi, beberapa jam mendengarkan music, mendownload beberapa aplikasi, dan menjalankan beberapa aplikasi akan membuat si mini Cuma mampu bertahan kurang dari 1 hari.


USER INTERFACE

 User interface ato biasa disingkat UI dari galaxy mini memakai touchwiz versi 3.0 yang membuat tampilan si mini cukup berwarna dan ceria J



Dibagian bawah akan muncul 4 icon shortcut seperti springboard UI dari iOS di iphone, seperti android lainnya, galaxy mini mensupport hingga 7 halaman homescreen yang bisa di isi penuh dengan berbagai widget dan shortcut icon dari berbagai aplikasi, dan bila tidak dibutuhkan homescreen tersebut juga bisa dikurangi untuk menghemat penggunaan memory dan memperlancar kinerja si mini sendiri.
Notifikasi gaya khas android sendiri bisa di slide dan di tarik dari bagian atas homescreen, isinya akan terdiri dari 5 buah shortcut yang antara lain merupakan shortcut – shortcut penting untuk misalnya mematikan koneksi data, koneksi wifi atau Bluetooth.
Bila tombol menu di pijit maka akan keluar beberapa setting tambahan seperti menambahkan widget, mengganti wallpaper, men-delete homescreen panel, dll. Samsung galaxy mini S5570 juga sudah support live wallpaper dan beberapa sudah di pre-install didalamnya,  jika bosan dengan mudah bisa di tambahkan melalui download pada android market.
Menu utama galaxy mini menggunakan menu dengan scroll ke samping tidak seperti menu stock vanilla android  yang scroll ke bawah. Untuk mengedit letak icon aplikasi bisa diakses dengan cara pinch zoom out pada menu. Sayangnya menu nya tidak bisa ditampilkan dengan gaya list seperti pada OS symbian. Selain itu Samsung juga telah menyiapkan task manager built in dengan touchwiz, sehingga menghemat waktu untuk mencari task killer di android market.


PHONEBOOK, TELEPHONE DAN SMS

Kapasitas phonebook galaxy mini tidak terbatas selama internal storagenya masih memungkinkan, contact akan ditampilkan baik dari SIM card, internal memory dan dari google account. Untuk mempermudah pencarian contact, Samsung touchwiz menyertakan menu pencarian yang mudah, cukup dengan mengetikan huruf pertama nama maka contact yang berhubungan dengan huruf tersebut akan ditampilkan. Setiap contact dapat menambah beberapa account email atau nomor telephone dan bisa juga ditambahkan beberapa detil semisalnya tanggal lahir, organisasi atau informasi pribadi lainnya. Menu contact di lengkapi juga dengan fitur menarik yaitu bila melakukan slide ke kiri pada nama contact yang di pilih maka dengan otomatis akan membuka aplikasi sms untuk menuliskan pesan baru kepada contact yang kita pilih tadi, sedang menggesernya ke kanan akan mendial nomor telephone dari contact tersebut.
Kualitas suara ketika di telephone cukup baik dan tidak mengalami gangguan, ketika mendekatkan galaxy mini ke wajah untuk menelpon maka otomatis proximity sensor akan dengan otomatis mematikan layar agar tidak tertekan tanpa sengaja.
Pada bagian sms touchwiz juga menyediakan fasilitas yang sama seperti yang ada pada phonebook, jika di slide ke kiri akan memunculkan New Messege sedang di slide ke kanan akan memunculkan dial nomor telephone.
Untuk melakukan delete, edit dan menu lainnya cukup dilakukan dengan menekan dan tahan di messegenya. Menekan dan menahan di bagian compose akan memunculkan pilihan cut, copy dan paste, setelah text dipilih dan di copy maka text tersebut bisa di paste ke messege lain, email atau pada aplikasi chat.
Jika menambahkan file seperti gambar, suara atau video maka dengan otomatis messege editornya berubah menjadi MMS editor.



Touchwiz juga menyediakan funsi kotak email yang terintergrasi dari semua client email, baik untuk client email gmail maupun client email standart yang digunakan untuk server – server email lain selain gmail, hal ini tentu sangat memudahkan dan membantu sekali, sehingga pengguna tidak perlu repot membuka satu persatu client email di Samsung galaxy mini ini.
Email dapat mendukung server email dari google yaitu gmail dan bisa mendukung server email lainnya juga seperti yahoo dan lain – lain. Khusus untuk client email gmail dapat mendukung beberapa account yang berbeda, client gmail juga memiliki fungsi delete dan label yang sudah terintegrasi.
Client email standart yang menggunakan server email lainnya dapat mendukung tipe POP dan IMAP dan bisa digunakan untuk beberapa account sekaligus, selain itu client email standart juga mendukung penggunaan folder pada account email.
Untuk chat galaxy mini sudah dilengkapi dengan G-talk yaitu aplikasi chat bawaan gmail yang bisa diintergrasikan dengan server chat popular lainnya seperti  iChat dan ovi contact milik nokia.
Samsung juga mengintegrasikan keyboard milik mereka sendiri sebagai ganti dari stock keyboard bawaan froyo yang banyak di kritik karena kurang nyaman digunakan.



Keyboard dari Samsung cukup responsif dan cepat walaupun memiliki tampilan yang kurang baik akibat resolusi layar galaxy mini yang terlalu kecil. Keyboard dalam keadaan portrait dapat menampilkan baris huruf qwerty atau standart keypad numeric biasa, bila di goyangkan pindah ke posisi landscape maka keyboard akan mengikuti lebar layar sehingga lebih besar ukurannya dan lebih nyaman untuk di pijit, dalam keadaan landscape maka sisa ruang yang tersedia untuk text hanya dua baris.
Untuk mempermudah pekerjaan mengetik dilayar yang agak kecil, Samsung juga menyematkan fungsi swipe text input, yaitu sebuah system input yang memprediksi input kata yang ingin dimasukan berdasarkan gerakan bergeser dari huruf ke huruf, system prediksinya pada awal pemakaian akan cukup memakan waktu dan sulit menemukan akurasinya, karena databasenya pada awalnya hanya berisi dengan kosa kata bahasa inggris, namun lama kelamaan setelah digunakan beberapa saat fungsi swipe ini dapat menambah kosa katanya sendiri dan menyesuaikan diri dengan kata – kata yang sering digunakan, hampir mirip dengan fasilitas T9 prediction yang ada pada HP ber-keypad dulu.


GALLERY

Picture gallery galaxy mini S5570 ini menggunakan stock android standart, terintergrasi dengan baik dengan album account picasa di server google, image gallery ini juga menyediakan bentuk folder untuk koleksi photo seperti di file browser sehingga memudahkan pencarian dan pengorganisasian photo atau gambar. Aplikasi gallery ini juga menyediakan pencarian berdasarkan tanggal photo atau gambar tersebut di buat. Atau berdasarkan metatag dari gambar tersebut.



Ketika menampilkan gambar atau photo dilengkapi juga dengan efek – efek transisi yang cukup memanjakan mata, untuk resize dan zoom bisa dilakukan dengan double tap atau pinch atau bisa juga menggunakan tombol +/-.
Terdapat banyak menu untuk mengedit gambar di bagian option seperti crop dan rotate, gambar yang dipilih bisa juga langsung di kirim melalui email, MMS, Bluetooth, atau di share via picasa.
Yang menjadi kekurangan adalah gambar yang ditampilkan di picture gallery android hanya menampilkan versi yang sudah di downsize alias tidak dalam kualitas sebenarnya. Hal ini mungkin dilakukan agar load time untuk menampilkan gambar dan zoom lebih cepat, jadi jangan kaget kalo setelah di pindahkan ke computer gambar bisa terlihat lebih baik dari pada di handphone sendiri.


VIDEO PLAYER

Galaxy mini S5570 dapat memutar film dengan format 3gp dan mpeg4 dengan baik, tombol navigasi nya cukup sederhana dan mudah digunakan.



Codec yang dibawa memang tidak support dengan xvid dan divx, serta tidak mampu memutar film dengan format semi HD 720p, dengan support warna hanya 256k tentu agak berlebihan meminta galaxy mini bisa menjalakan format tersebut.  Namun si mini bisa memutar video dengan resolusi WVGA (480x800 pixels) dengan baik. Akses ke file video bisa dilakukan melalui gallery atau dari aplikasi file browser my file.


MUSIC PLAYER

Music player galaxy mini merupakan music player dari touchwiz, pengoprasiannya cukup mudah dan memberikan banyak fungsionalitas untuk mempermudah mengorganisasi file - file music. Fasilitas seperti cover album dan equalizer juga ada didalam music player.



Selain itu touchwiz juga menambahkan sebuah fasilitas unik yang memungkinkan kita untuk mencari lagu yang bersangkutan di youtube atau google search, kita bisa memilih ingin mencari judul lagu, nama artisnya atau judul album, hasil dari pencarian akan ditampilkan di client youtube bila mencari di youtube atau ditampilkan ke browse internet bila mencari menggunakan google search. Sangat bermanfaat tentunya bila kita mengetahui nama penyanyi dari lagu yang kita miliki.



Suara yang dihasilkan oleh speakernya cukup bagus hamper sama baik dengan yang di keluarkan oleh Samsung galaxy ACE, ketika dihubungkan dengan sound system maka akan makin terdengar kualitas suaranya yang jernih, namun ketika menggunakan headset kualitas suaranya akan menurun cukup signifikan. Sebagai mp3 player galaxy mini bisa terbilang cukup memuaskan karena mampu menghadirkan kualitas suara premium terutama bila di colokan dengan sound system, hal yang cukup menjadi point positif mengingat harganya yang terbilang lumayan murah.
Bila bosan mendengarkan koleksi music, Samsung galaxy mini juga menyediakan fasilitas radio FM lengkap dengan fitur RDS dan bisa menyimpan hingga 4 stasiun radio favorite,



Radio bisa didengarkan melalui speaker namun tetap harus mencolokan headset sebagai antenna.


CAMERA & VIDEO REC

Sebagai smartphone low end hanya dilengkapi dengan lensa fixed focus 3mp, namun si mini cukup memiliki fitur – fitur canggih seperti smile shoot, panorama dan guidelines shoot.



Sayangnya Samsung tidak memberikan Led flash untuk pemotretan di tempat yang kurang cahaya dan galaxy mini juga tidak memiliki tombol shutter untuk mengambil gambar seperti camera pada umumnya, sebagai gantinya adalah menggunakan onscreen button pada layar untuk menjepret gambar. Hasil photo dari cameranya sendiri cukup memuaskan bila dibandingkan dengan harganya yang cukup murah, tampilan warna dan contrast dapat terlihat dengan baik dan noise nya sangat sedikit.
 Hasil rekaman video dari camera si mini hanya mampu menghadirkan kualitas video untuk MMS, hasilnya hanya berformat  QVGA dengan framerate 15fps. Kurang bagus untuk ditampilkan di layar computer atau layar tv.


KONEKTIFITAS

Untuk konektifitas Samsung galaxy mini dilengkapi dengan micro USB untuk transfer data melalui cabel, karena sudah mengusung versi froyo 2.2 bluetooth 2.0 sudah bisa digunakan juga untuk transfer data, selain itu ada wifi yang support dengan jaringan b/g/n dan bisa digunakan untuk wifi tethering / router pribadi. Selain itu si mini juga memiliki slot SDcard yang hot swap dan dapat mensupport kapasitas hingga 32gb, dalam paket pembelian di sertakan SDcard 2gb.
Bagi yang sering bepergian ke luar negeri tidak perlu risau karena galaxy mini menyediakan support quadband GSM dan dualband HSDPA yang artinya support dengan semua frekuensi jaringan telekomunikasi di seluruh dunia.


BROWSER

Browser yang di sertakan didalam galaxy mini adalah browser standart android, dimana browser ini cukup bagus kinerjanya dan cepat. Namun kekurangannya adalah belum dapat menampilkan konten flash, hal ini di akibatkan karena CPU si mini masih menggunakan ARMv6 instruction set. Hanya CPU yang telah menggunakan ARMv7 instruction set keatas yang compatible dengan flash player 10.1.
Solusi untuk masalah ini bisa di selesaikan dengan cara menginstall browser lain seperti skyfire atau dolphin dari android market.


APLIKASI TAMBAHAN

Samsung galaxy mini membawa beberapa aplikasi – aplikasi dasar PIM, seperti notes, calendar, kalkulator, alarm, voice recorder, file browser namun minus stopwatch, countdown counter dan world clock. Tapi aplikasi – aplikasi sejenis bisa dengan mudah ditemukan di market android.



Selain aplikasi standart dari android, Samsung juga menyediakan aplikasi – aplikasi buatannya sendiri yang bisa di download dari Samsung apps, yaitu market aplikasi Samsung seperti milik android market, jadi anda memiliki dua pilihan market di galaxy mini.
Untuk navigasi Samsung galaxy mini hanya di lengkapi dengan googlemap. Untuk mempercepat lock dengan satelit GPS kita bisa memilih untuk mengaktifkan A-GPS. Perlu di perhatikan A-GPS akan mengurangi pulsa anda karena menggunakan layanan data internet untuk mempercepat satelit menemukan posisi anda.
samsung juga menyisipkan aplikasi quickoffice untuk view dan edit file office,



aplikasi ini akan sangat berguna bagi para pekerja kantor maupun pelajar.


SUMMARY

Bagi pengguna smartphone yang sudah pernah menggunakan smartphone ber OS lain tentu saja tidak akan tertarik dengan kemampuan yang ditawarkan oleh Samsung galaxy mini S5570 ini. Apalagi dengan keterbatasan dukungan aplikasi – aplikasi yang akan terkendala dengan resolusi layarnya yang kecil. Selain itu versi android froyo yang di bawa si mini akan terasa sia – sia karena CPU nya tidak support dengan flashplayer.



Namun sekali lagi dengan harga yang cukup terjangkau target utama galaxy mini S5570 bukan lah untuk kalangan pemakai smartphone yang sudah cukup pengalaman atau untuk pemakai smartphone android yang sudah pernah memakai android sebelumnya.
Keberadaan Samsung galaxy mini S5570 lebih diperuntukan kepada mereka yang belum mengenal android, kalangan siswa sekolah atau mahasiswa yang selama ini masih berkutat dengan keypad baka (red. baka=bodoh, bhs jepang :D) phone. Secara kinerja sendiri froyo di galaxy mini sangat responsive dan cepat, dipadu dengan beberapa fitur unik android dan konektifitas yang lengkap serta tidak lupa dengan bentuk yang cukup memikat, galaxy mini ini merupakan smartphone yang cukup tepat bila dijadikan pilihan mereka yang ingin merasakan kekuatan dan kelebihan android namun keberatan untuk mengeluarkan uang dengan budget yang tinggi.  Namun bukan artinya si mini ini akan kuat menjalankan berbagai aplikasi berat yang membutuhkan spesifikasi yang tinggi, tetap harus diingat ada keterbatasan resolusi layar, keterbatasan CPU dan GPU nya.



Jangan berharap banyak kalo HP dengan harga 1,6 juta ini akan bisa setara kinerjanya dengan HP yang berharga 6 juta. Galaxy mini tidak pernah diplot untuk membawa full android experience, namun ia adalah jawaban yang tepat bagi mereka yang ingin belajar mengenal fungsionalitas android. Price vs value, galaxy mini hampir memenangkan segalanya :D



Game yang sukses berjalan di mini :
1.NFS
2.PES
3.GT Racing
4.KO Boxing 2
5.The Sims
6.Plant vs Zombie
7.Farm Frenzy
8.Dinner Dash 2
9.FPSE (emulator PSX)
10.Yoo Ninja 
11.Sky Force

 Game Gagal berjalan di mini :
1. Real Football
2. Fifa
3. Asphalt 6
4. Nova
5. Brother In Arms 2

source by joe108 & chulayuhuw (android-indonesia forum)
link : android-indonesia forum

10 comments:

Unknown said...

nice...keep posting smurf
:)

dualbyte said...

thx u kak :D

Bobby Joe said...

Terimakasih atas pencerahannya...

Hendra said...

salam kenal bro smurf, btw kalo download mode mini gimana caranya? saya tekan center key+volume down+power gak mau

PRASTmoz said...

ga dmn" kk smurf paling poll dh ngejelasin-a.
btw..bs tukeran link nih hehehe

Anonymous said...

mantap :) nice info Smurf

kapan balik ke forum smurf

liat smruf segininya para user

http://www.android-indonesia.com/home/8-ngobrol-santai/58216-tribute-to-smurf?limit=6&start=12#58662

salam izalandroid

Maggie said...

Well done kk smurf!...:-)

Salam,

Maggie

Anonymous said...

kk kapan balik lagi ke forum....
udah baca semua ulasan kk...
udah beli galaxy ace juga...i'm ace man now kk...
banyak pertanyaan yang belum terjawab kk...
tolongin kita semua kk...

Anonymous said...

kak..gimana kalau mau rubAh font size sms nya yah... thx
sms nya yah... thx

Unknown said...

thanks bos atas petunjuk semoga ini bisa jadi acuan untuk membeli smartphone dengan os android

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons