Sunday 31 July 2011

SMS Font terlalu kecil? mari cari solusinya

Anonymous said...
kak..gimana kalau mau rubAh font size sms nya yah... thx sms nya yah... thx

Pernah merasa font terlalu kecil ketika digunakan untuk membaca SMS atau text? Ada banyak jalan menuju Roma alias banyak solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, apalagi android menyediakan kostumisasi sebagai kekuatan dasar dari platform OS-nya tentu banyak cara yang bisa digunakan, walaupun sebenarnya font DroidSans.ttf yang digunakan sebagai font utama dalam OS cukup baik namun anda bisa menggantinya dengan font lain. Setidaknya ada 3 cara dasar yang bisa digunakan untuk mengganti font, yang pertama adalah menggunakan aplikasi 3rd party untuk menangani SMS, mudah simple dan cepat tanpa perlu pengetahuan teknis dan resikonya lebih kecil karena yang diubah font-nya hanya pada batas font yang dipakai oleh aplikasi tersebut.
Yang kedua adalah menggunakan aplikasi pengganti font pada folder sistem OS android, yang diubah adalah keseluruhan font pada smartphone android anda, namun perlu diingat ukuran font yang digunakan pada masing - masing aplikasi 3rd party biasanya ukurannya berbeda - beda, jadi cara ini bisa saja bekerja atau malah bisa merusak tampilan.
Yang ketiga adalah mengganti font sistem dengan cara manual, tentu lebih beresiko dan sebaiknya anda harus cukup paham dengan berbagai command adb.
Mari kita lihat satu persatu,

Cara pertama:
Bila masalah utama anda hanya pada saat membaca SMS, solusi paling mudah adalah mengganti aplikasi yang menangani SMS, android punya banyak opsi pilihan untuk aplikasi pihak ke 3 yang bisa menggantikan aplikasi SMS anda, tidak hanya menggantikan kerja aplikasi default bawaan dari android, aplikasi - aplikasi 3rd party ini biasanya juga menyelipkan fungsi kostumisasi seperti merubah warna font, warna background, ukuran font, warna tanggal penerimaan SMS, bentuk conversation, bahkan sampai ke warna tombol bisa anda ubah agar nyaman dengan keinginan anda. 
Contoh dari aplikasi SMS handler tersebut seperti chompSMS yang bisa anda download di sini atau di sini . Aplikasi ini dapat membantu mengubah cara smartphone anda menampilkan bentuk SMS maupun font dari tulisannya agar lebih mudah untuk dibaca. 
Selain chompSMS anda juga bisa mencoba Handcent SMS yang menawarkan banyak personalisasi dan opsi untuk merubah tampilan baik jenis font maupun ukuran dari fontnya, aplikasi ini bisa di download di sini atau di sini.
Mengganti client SMS anda dengan client SMS buatan pihak ke tiga merupakan langkah paling mudah mengatasi masalah ukuran font yang kecil, resiko kerusakan juga minimal karena anda dapat meng-uninstall-nya kapan saja, walaupun mungkin akan ada sedikit efek pada kinerja OS karena itu cendrung tergantung pada kemampuan CPU dan RAM untuk menjaga kestabilan sistem.

Cara yang kedua adalah mengganti font sistem, artinya yang terpengaruh bukan hanya pada tampilan font sms melainkan keseluruhan sistem pada smartphone anda. Ada beberapa cara yang sering digunakan, diantaranya mengharuskan kita menginstall aplikasi utama lalu mendownload font pack, namun ada sebuah aplikasi kecil bernama Font Size yang melakukan perubahan hanya pada ukuran font bukan mengganti secara keseluruhan, kedua opsi ini sama - sama membutuhkan smartphone android anda berada pada status sudah di root dan memiliki busybox.
Bila anda ingin merubah secara keseluruhan font pada sistem smartphone, anda bisa mencoba aplikasi Custom android font Switcher yang bisa di download di sini atau bisa mencoba aplikasi Font Changer yang bisa di download di sini . Dan yang ingin mencoba Font Size bisa di download di sini

Cara ketiga adalah cara manual, anda bisa menggunakan adb console untuk mempermudah memindahkan file font. Seperti kita ketahui font untuk android tersimpan pada folder /system/fonts, logikanya bila font DroidSans.ttf yang berada pada folder tersebut diganti maka otomatis akan merubah seluruh font yang dipakai oleh sistem android.
Jangan dilupakan sebaiknya sebelum di ganti ada baiknya font originalnya di backup terlebih dahulu untuk jaga - jaga bila ingin merubah kembali ke kondisi defaultnya.
gunakan perintah ini pada console adb untuk memindahkan font DroidSans.ttf 
# mv /system/fonts/DroidSans.ttf /system/fonts/DroidSans_org.ttf

Gunakan perintah ini untuk mengopi font yang anda telah persiapkan ke folder system/fonts
C:\android-sdk-windows-1.1_r1\tools>adb push c:\downloads\fonts\myfont.ttf /system/fonts/DroidSans.ttf


Atau untuk mudahnya anda bisa menggunakan root explorer untuk mengerjakan hal tersebut. Perlu diingat font yang dipakai oleh sistem android sudah di sesuaikan agar pas dengan bentuk - bentuk tampilan pada OS android seperti tombol, notifikasi dan sebagainya, bila font yang anda gunakan tidak optimal dengan lebar atau panjang, maka tampilan font pada salah satu komponen didalam OS bisa jadi tidak optimal atau sulit dibaca, jadi hal ini perlu menjadi pertimbangan juga sebelum anda memutuskan untuk mencobanya. Semoga bermanfaat ^_^v



4 comments:

Unknown said...

Gmn cara mempebesar huruf selagi mengetik jadi besar

Unknown said...

Gmn cara mempebesar huruf selagi mengetik jadi besar

Sultan Kautsar said...

ada kok, lewat setting keyboard.

Unknown said...

Ribet penjelasan nya, hbis nggak disertai lansung contohnya

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons