Wednesday 20 July 2011

Membangunkan raksasa tidur, Google bersiap bertarung dengan Apple

Hakim ITC belum lama ini telah memutuskan putusan dengan hasil kemenangan untuk Apple terhadap HTC yang di dakwa terbukti telah melanggar dua hak paten milik Apple, dakwaan ini tidak hanya akan mengancam eksistensi smartphone buatan HTC di Amerika, namun juga akan menyeret perusahaan - perusahaan lainnya yang menggunakan OS android buatan Google. Dan kali ini sang raksasa search engine Google nampaknya tidak akan tinggal diam dengan aksi Apple menggugatan hak paten tersebut, melalui event Google Mobile Revolution di Tokyo, Jepang. Eric Schmidt, mantan CEO dan eksekutif chairman Google menyatakan bahwa Google siap untuk membantu HTC menghadapi gugatan pelanggaran hak paten dari Steve Jobs dan perusahaannya. 

Mantan CEO Google ini juga mengkritik langkah Apple yang akhir - akhir ini rajin menggugat pelanggaran hak paten, walau tidak secara nyata mengatakan nama Apple di dalam pernyataannya, Eric Schmidt mengatakan "Kita telah melihat ledakan perangkat - perangkat android masuk dalam pasar, dan karena kesuksesan kami, kompetitor memilih untuk meresponnya dengan tuntutan pelanggaran hak paten dibanding mencoba berinovasi, saya tidak terlalu khawatir dengan keadaan tersebut". Sebelum kritikan dari Google, HTC juga telah mengeluarkan pernyataan yang serupa terhadap kebijakan Apple yang menggunakan langkah - langkah hukum untuk menekan ketimbang memilih bersaing secara fair di pasar. Schmidt menyatakan bahwa ia yakin Google mampu membalikan putusan awal hakim ITC tersebut yang menyatakan HTC telah melanggar dua hak paten Apple, semua anggota komisi harus mereview kembali putusan hakim itu sebelum keputusan tersebut di finalisasi.

Namun bila perkara ini tetap di menangkan oleh Apple maka kemungkinan Apple akan mendapatkan uang royalti yang cukup besar dari keuntungan penjualan smartphone android, seperti yang terjadi pada kasus Microsoft dengan HTC yang harus membayar 5$ kepada Microsoft untuk setiap produk smartphone android HTC sebagai akibat dari penggunaan hak paten Microsoft. Ironisnya raksasa OS windows tersebut mengakui keuntungan dari royalti yang diterima dari HTC untuk penjualan setiap smartphone android-nya ternyata lebih besar dari keuntungan yang diperoleh dari penjualan smartphone ber-OS windows phone 7 milih Microsoft sendiri. Dan bila hal ini terwujud Apple tidak hanya akan mendapat royalti dari HTC, namun juga dari perusahaan - perusahaan pembuat smartphone android lainnya seperti Motorola dan Samsung. 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Themes | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons